Saturday, December 03, 2011

Dibalik Pohon ada Pelajaran dari Semut Merah

Semut Merah
Pelajaran dari Semut Merah
Inspirasi dari Diksar Mapala Argawana Angkatan IX di Kiskendo tanggal 26 November 2011. Di cerita sebelumnya ngambil gambar bunga hutan entah apa tu namanya. Sekarang terdiam sejenak di bawah sebuah pohon, mata mengamati kehidupan kecil di balik pohon dengan kamera punya orang di tangan siap jeprett. Mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran lain. Panitia yg aneh, yang lain pada minta difoto, udah pose udah siap narsis, eh malah sembunyi di balik pohon. Mungkin ada yg bikin tanda tanya di atas kepalanya, mau moto apa dibalik pohon. Seperti yang disebut di atas, kehidupan kecil di balik pohon, tetapi menyimpan pelajaran besar. Trus, ada apa itu?


Pernah denger lirik lagu ini...?
Malu aku malu...
Pada semut merah...
Yang berbaris dipohon...
Menatapku curiga...
Seakan penuh tanya...
Sedang apa disini...
Menanti pulang jawabku...
(lupa euy, lagunya siapa tuhh)

Jadi, jawabannya adalah kehidupan "Semut Merah". Pertanyaan selanjutnya ada apa dengan semut merah?

Subhanallah bgt yah, Allah menciptakan sesuatu dengan segala keteraturannya. Bahkan hewan kecil dan ringkih (digencet aja dah penyet tuh..hehe) tak luput dari perhatianNya. Betapa kompleks dan terstrukturnya kehidupan semut menjadikannya guru terbesar dari umat manusia.

Apa itu semut...?
Kata mbah Wiki :
Semut adalah serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae, dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Semut telah menguasai hampir seluruh bagian tanah di Bumi. Hanya di beberapa tempat seperti di Islandia,Greenland dan Hawaii, mereka tidak menguasai daerah tesebut. Di saat jumlah mereka bertambah, mereka dapat membnetuk sekitar 15 - 20% jumlah biomassa hewan-hewan besar.

Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif sangat kecil, semut adalah hewan terkuat kedua didunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Posisi pertama adalah Kumbang Badak dengan kemampuan menopang beban dengan berat 850 kali dari berat badannya sendiri.
Bahasa Inggrisnya semut apa hayoo...?
Jawabannya adalah ANTS
A       -Attitude of Initiative
N       -Nature of Integrity
T       -Thirst for Industry
S       -Source of Insight
Untuk penjelasannya tanya ke mbah google aja deh...

Apa sih yang bisa kita pelajari dari semut?
Sebenarnya aku udah pernah share ini buat tmen2 COMES STIE Bank BPD Jateng khusunya yg jadi panitia SECRET. Jadi kurang lebihnya kaya gini :

PEDULI
Peduli dan peka terhadap segala hal yang terjadi dalam lingkungan-nya serta selalu memelihara rasa cinta kasih kepada sesama.

POSITIF & ANTUSIAS
Selalu antusias dalam berpikir dan bertindak demi mencapai tujuan berusaha. Namun segala pemikiran dan tindakan tersebut bersifat positif demi menjaga kelangsungan usaha.

INISIATIF
Memiliki inisiatif dalam menjalankan usaha berdasarkan motivasi yang kuat untuk maju dan mencapai tujuan tanpa menunggu komando, dan tanpa menyimpang dari kebijakan perusahaan atau negara.

RENDAH HATI
Berusaha selalu optimis dalam setiap langkah, namun tidak sombong dan selalu menghargai serta menghormati orang lain.

KREATIF & INOVATIF
Selalu kreatif dalam berusaha dengan melakukan berbagai inovasi agar dapat memenang-kan persaingan dan menjadi Leader dalam lingkungannya.

DISIPLIN & BERTANGGUNG JAWAB
Memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap kelangsungan hidup kegiatan usaha. Untuk itu, diperlukan disiplin yang tinggi dalam menjalankan semua peraturan/ketentuan demi mencapai tujuan.

KERJASAMA
Mampu menjalin kerjasama untuk menggalang kemitraan dengan semua kalangan dalam menjalankan tugas agar sukses mencapai tujuan.

PRODUKTIF
Bekerja secara profesional, tekun, dan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal.

KOMITMEN & TABAH
Memiliki komitmen yang tinggi terhadap semua keputusan/peraturan dan kesepakatan yang telah ditetapkan serta bertanggung jawab melaksanakannya tanpa tawar-menawar.

KOMUNIKATIF
Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan menguasai tekniknya secara baik, sehingga mampu menyampaikan segala informasi yang diperlukan tanpa menimbulkan kesalah-pahaman.

Karena yakin sama percaya itu beda

Diam Itu Emas, Bicara yang Baik Itu Permata
EmoticonEmoticon