Saturday, September 06, 2014

Jurnal Pengaruh Keputusan Keuangan terhadap Kinerja Keuangan

Skripsi Eko Sudarmakiyanto
Setiap perusahaan yang menjalankan kegiatan bisnis, tentu memiliki tujuan, baik yang bersifat profit maupun value oriented. Pencapaian tujuan tersebut dapat diwujudkan manakala perusahaan terus menunjukkan kinerja yang baik terhadap stakeholder khususnya pemegang saham. Salah satu indikator kinerja perusahaan yang umum digunakan adalah melalui analisa kesehatan/kinerja keuangan.

Untuk dapat menganalisa kinerja keuangan, maka dibutuhkan suatu metode pengukuran kinerja tersebut. Metode yang umum digunakan adalah rasio-rasio keuangan. Namun, rasio keuangan memiliki kelemahan tidak mencerminkan hasil yang akurat karena data yang digunakan merupakan data akuntansi yang dihasilkan dari nilai buku sehingga tidak mencerminkan nilai pasar perusahaan. Alasan tersebut, memacu penemuan sebuah metode yang berbasis nilai (value based management). 

Pada tahun 1990-an Joel Stern dan G. Bernett Stewart III menemukan Economic Value Added (EVA) yang diklaim memiliki keunggulan antara lain menyebabkan perhatian manajemen terfokus pada kepentingan pemegang saham dengan memilih investasi yang memaksimumkan tingkat pengembalian dan meminimumkan tingkat biaya modal, sehingga nilai perusahaan dapat dimaksimumkan. Perusahaan lebih memperhatikan kebijakan struktur modalnya, karena EVA secara eksplisit memperhitungkan biaya modal atas ekuitas.

Kinerja perusahaan yang optimal merupakan tujuan perusahaan yang dapat dicapai melalui pelaksanaan fungsi manajemen keuangan, dimana satu keputusan keuangan yang diambil akan mempengaruhi keputusan keuangan yang lainnya dan berdampak pada nilai perusahaan. Manajemen keuangan menyangkut penyelesaian atas keputusan penting yang diambil perusahaan, antara lain keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen. Suatu kombinasi yang optimal atas ketiganya akan memaksimumkan nilai perusahaan yang selanjutnya akan meningkatkan kemakmuran kekayaan pemegang saham

Perusahaan sektor property, real estate, and building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia merupakan sektor dengan tingkat pendanaan dan nilai investasi yang tinggi. Investasi pada sektor ini cenderung tinggi dan jangka panjang sehingga membutuhkan dana yang besar, sehingga disamping memiliki expected return yang tinggi juga melekat resiko yang tinggi pula. Hasil penelitian REI bersama Universitas Indonesia, sektor perumahan berkontribusi sekitar 26%-28% bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia tiap tahunnya .

Adanya hubungan interdepedensi dalam keputusan keuangan, maka studi ini dimaksudkan memprediksi kinerja keuangan perusahaan sektor property, real estate, and building construction menggunakan variabel keputusan keuangan mempertimbangkan keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen yang merupakan fungsi manajemen keuangan.

Download Abstrak Pengaruh Keputusan Keuangan terhadap Kinerja Keuangan
Download Abstract The Effect of Financial Decision on Financial Performance
Download Jurnal Pengaruh Keputusan Keuangan terhadap Kinerja Keuangan

Preview Jurnal Pengaruh Keputusan Keuangan terhadap Kinerja Keuangan di acedemia.edu

Karena yakin sama percaya itu beda

Diam Itu Emas, Bicara yang Baik Itu Permata
EmoticonEmoticon