Monday, August 08, 2016

Semua tentang Kangkung, Sayur Inspirasi Kaya Makna dan Manfaat

Kangkung itu

Tak terasa sudah 1 (satu) tahun lebih blog ini tidak terjamah. Maklum sibuk mencari apa yang harus dicari. Apalagi mencari hingga nyasar-nyasar. Begitulah kehidupan setelah wisuda.

Pada tulisan terakhir yang terkait dengan cerita masa kecil yaitu tentang gembala kambing. Pada kesempatan ini saya bermaksud memetik kangkung.

Semua tentang Kangkung, Sayur Inspirasi Kaya Makna dan Manfaat
Kangkung
Kangkung, sayur kesukaan (baca:favorit) saya sejak kecil hingga sekarang, sejak di Papua hingga di Jawa. Bayangkan, tumis kangkung disajikan dengan nasi pulen yang hangat, ditemani lauk tahu atau tempe, disandingkan dengan buah pisang ambon dan segelas susu. Air putih juga jangan lupa. Sempurna, komposisi makanan sederhana yang menyehatkan. Menu makanan tumis kangkung yang dimasak oleh ibu selalu luar biasa enak hingga sepanjang jaman, sesederhana apapun itu.

Kangkung, siapa yang tidak kenal kangkung. Dari dahulu hingga sekarang kangkung begitu dikenal oleh masyarakat. Baik masyarakat desa maupun kota. Bahkan hingga mitosnya yang katanya menyebabkan ngantuk (baca:kantuk).

Kangkung banyak dijumpai dan dibudidayakan baik di daratan maupun di perairan. Sebenarnya kangkung berasal dari india kemudian menyebar luas ke negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Klasifikasi Kangkung

Kangkung yang mempunyai nama latin Ipomoea aquatic Forssk, klasifikasinya sebagai berikut :
Kindom
Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom
Tracheobionta (Berpembuluh)
Superdivisio
Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio
Magnoliophyta (Berbunga)
Kelas
Magnoliapsida (Berkeping dua/ dikotil)
Sub kelas
Asteridae
Ordo
Solanales
Famili
Convovulceae
Genus
Ipomea
Spesies
Ipomoea aquatic Forssk
Kangkung yang umum kita kenal di Indonesia ada 2 (dua) jenis (spesies) yaitu kangkung darat ( Ipomoea reptans Poir ) dan kangkung air (Ipomoea aquatic Forssk).


Morfologi Kangkung

Kangkung dapat tumbuh dalam waktu lama. Memiliki akar tunggang dan bercabang-cabang yang dapat menembus kedalam 60 – 100 cm, dan menyebar luas secara mendatar 150 cm hingga lebih, terutama kangkung air.

Batang kangkung bulat dan berlubang (berongga), berbuku-buku, dan banyak mengandung air. Kadang buku-buku tersebut mengeluarkan akar serabut yang berwarna putih dan juga berwarna agak coklat tua.

Kangkung memiliki tangkai daun melekat pada buku-buku batang dan di keiak batang terdapat mata tunas yang dapat tumbuh cabang baru. Bentuk daun memiliki ujung runcing dan juga tumpul, permukaan daun berwarna hijau.

Bunga kangkung berbentuk terompet dan memiliki daun mahkota berwara putih atau kemerahan. Dan jika menghasilkan buah berbentuk bulat atau oval yang di dalamnya memiliki tiga butir biji. Warna biji tanaman kangkung berwarna hitam (tua) dan hijau (muda).

Kandungan Gizi Kangkung

Tabel Kandungan Gizi Kangkung
Siapa sangka kangkung yang biasa tumbuh di perairan sawah, sungai dan kadang ditemui di daratan tampak seperti tanaman liar mengandung bermacam-macam zat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa kandungan gizi dari kangkung :
  1. Mengandung Zat Besi
    Zat besi pada kangkung berfungsi sebagai alat pengakut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan membantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh untuk mencegah terjadinya anemia.
  2. Memiliki Kandungan Protein
    Dalam Kangkung terdapat Protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah sebagai pengatur metabolisme tubuh dan sangat bermanfaat dalam proses regenerasi sel kulit.
  3. Vitamin C
    Vitamin C pada kangkung baik untuk mencegah kanker, kesehatan kulit, dan mencegah diabetes.
  4. Lemak
    Lemak dari kangkung merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh sangat berpengaruh untuk pembetukan sel dalam tubuh dan menjaga organ tubuh.
  5. Vitamin A
    Jangan sangka kangkung juga ternyata mengandung Vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata, mempercepat penyembuhan luka, mencegah kanker, dan membantu pembentukan sperma, indung telur dan plasenta pada saat hamil.
  6. Mengandung Karbohidrat
    Karbohidrat juga terdapat pada kangkung yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh, sebagai cadangan sumber energi, dan sebagai pelindung protein agar tidak terbakar sebagai penghasil energi.
  7. Pembentuk Fosfor
    Kangkung mengandung fosfor yang sangat berguna bagi tubuh yaitu membantu kesehatan otak dan menjaga kesehatan tulang. Fosfor disini baik untuk mencegah osteoporosis.
  8. Mengandung Serat
    Kangkung mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan usus, dan ada juga bagi yang sedang berdiet, kangkung sangat cocok dijadikan santapan makan untuk menu sehat. Serat juga dapat membantu dalam pencegahan diabetes dan kolestrol.
  9. Kalsium
    Kalsium juga terdapat pada kangkung yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi enzim yang kemudian akan menjadi energi. Kurang kalsium dapat menyebabkan masalah pada tulang, seperti osteoporosis.
  10. Vitamin B1
    Vitamin B1 ini baik untuk mecegah katarak, dan membantu kerja otak. Vitamin B1 juga mampu memproduksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh serta mampu mencegah penuaan.

  Khasiat dan Manfaat Kangkung

Allah menciptakan langit dan bumi (beserta semua yang ada di dalamnya / diantara keduanya) tidak ada yang sia-sia. Hal itu menunjukkan bahwa semua ciptaan Allah itu pasti bermanfaat termasuk juga kangkung. Berikut beberapa khasiat dan manfaat dari kangkung :

Sebagai Obat Insomnia (Sulit Tidur)
Katanya kangkung memicu kantuk, tentu ini bisa jadi pilihan bagi yang terkena insomnia. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kangkung memberikan efek menenangkan susunan saraf sehingga pengasupnya merasa santai dan enak tidur.

Pengobatan Gangguan pencernaan dan Sembelit
Kangkung kaya akan serat sehingga dapat membantu pencernaan, memberikan bantuan dari gangguan pencernaan secara alami. Sayuran ini memiliki sifat pencahar ringan yang bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit. Jus dari kangkung rebus bisa melonggarkan sembelit. Sayuran ini juga digunakan dalam pengobatan usus cacingan. Karena sayuran ini berisi lateks yang digunakan sebagai agen pencahar.

Mencegah Penyakit Sariawan
Seperti pada penjelasan sebelumnya, kangkung mengandung Vitamin C, yang dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah. Daun kangkung mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman pada gigi.

Mengurangi Nyeri Haid
Kangkung dapat mengurangi rasa nyeri tak tertahankan pada saat haid. Cukup menumbuk daun kangkung lalu tambahkan air hangat, kemudian saring dan tambahkan madu agar ada rasa manis.

Sebagai Pengontrol Darah
Daun kangkung muda kaya akan zat besi sehinga bermanfaat untuk pengontrol darah dalam tubuh. Cocok bagi yang terkena anemia. Besi adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin. Jadi, kangkung dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.

Mencegah Penyakit Kolestrol
Kangkung memiliki peran besar dalam mengontrol kadar kolestrol. Kangkung menjadi pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami.

Perlindungan terhadap Penyakit Jantung
Kangkung mengandung vitamin A dan C serta konsentrasi tinggi betakaroten yang berperan sebagai antioksidan untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sehingga mencegah bentuk kolesterol teroksidasi. Kolesterol teroksidasi menempel pada dinding pembuluh darah, menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung atau stroke .
Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung membantu untuk mengubah bahan kimia berbahaya yang disebut homosistein, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Magnesium adalah mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung juga.

Mencegah Kanker
Kangkung mengandung 13 jenis senyawa antioksidan yang merupakan diet yang sempurna untuk pencegahan kanker. Antioksidan ini dikenal untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh, sehingga mengubah kondisi di mana sel-sel kanker berkembang biak dan memperkuat lingkungan sel alami. Sayuran ini dikatakan paling menguntungkan dalam pencegahan kanker kolon dan kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

Pengobatan Penyakit Kuning dan Masalah Hati
Kangkung telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tumbuhan ini dapat memberikan perlindungan terhadap bahan kimia yang disebabkan kerusakan hati akibat modulasi enzim detoksifikasi, antioksidan dan sifat pembersih radikal bebas.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kangkung adalah cara murah dan alami meningkatkan kekebalan tubuh dibandingkan dengan suplemen vitamin C. Konsumsi sayuran berdaun hijau ini secara teratur meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan perkembangan yang sehat dari tulang. Kangkung menetralkan dan menghilangkan racun sehinga berkontribusi untuk tubuh yang sehat.

Mencegah Bau Mulut
Kangkung dapat menghilang bau pada mulut, karena kangkung mempunyai minyak esential yang dapat mengurangi bau pada mulut.

Sangat Baik untuk Ibu Hamil
Kangkung bermanfaat bagi ibu hamil terutama bagi ibu yang menyusui yaitu memperlancar ASI.

Anti Diabetes
Konsumsi kangkung secara teratur kangkung membantu dalam mengembangkan perlawanan terhadap diabetes yang diinduksi stres oksidatif. Hal ini juga digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

Menjaga Kesehatan Ginjal
Dengan sifatnya yang diuretik, kangkung melancarkan buang air kecil sehingga baik bagi kesehatan ginjal.

Menjaga Kualitas Otak
Perlu diketahui, kangkung juga mengandung Omega 3 yang bermanfaat bagi kualitas otak. Bagi yang sedang hamil, hanya perlu mengkonsumsi kangkung untuk menjaga kualitas otak janin. Pada masa pertumbuhan Anak, para ibu hanya perlu memberikannya asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak Anak.

Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan tinggi karotenoid, vitamin A dan lutein pada kangkung sangat penting untuk kesehatan mata. Kangkung juga meningkatkan kadar glutathione, yang memainkan peran penting dalam mencegah katarak.

Menumbuhkan Rambut
Kangkung sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut. Kangkung dapat menjaga dan menumbuhkan rambut yang rontok secara alami. Dengan begitu, rambut akan tetap sehat dan terjaga.

Meremajakan Kulit
Manfaat kangkung untuk kulit telah dikenal untuk waktu yang lama. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, sayuran ini merupakan sumber vitamin A, vitamin C, karotenoid dan lutein. Mineral ini sangat penting untuk kulit sehat dan bercahaya.

Mengobati Penyakit Kulit
Kangkung dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengobati penyakit kulit seperti kurap, kaki kapalan dll. Sayuran ini juga membantu dalam pencegahan kanker kulit.
Mengkonsumsi kangkung secara teratur membantu menjaga kulit yang cerah dan sehat. Kangkung dapat dibuat jus, konsumsi secara teratur membantu dalam penyembuhan gangguan kulit seperti jerawat dan bekas jerawat serta pengobatan eksim dan psoriasis.
Karena sifat penyembuhan dan detoksifikasi, kangkung membantu dalam memberikan bantuan dalam kasus gatal kulit atau gigitan serangga. Tambahkan garam ke kangkung dan menggilingnya menjadi bubuk. Oleskan pada tempat yang sakit dan membungkusnya untuk memberikan bantuan segera.

Anti Penuaan
Kangkung kaya akan antioksidan kimia yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas dari sel-sel dalam tubuh, sehingga sel-sel kulit lebih tahan dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan meminimalkan kerutan sampai batas yang signifikan. Dengan cara mengkonsumsi rutin sayuran ini bisa mencegah dan membalikkan penuaan

Belajar dari Kangkung

Berdasarkan Al Qur’an, penciptaan langit dan bumi (beserta semua yang ada di dalamnya / diantara keduanya) terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berakal (berpikir).

Bisa jadi penciptaan kangkung pun ada pelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya. Pelajaran dari kangkung, menurut saya (versi ekosmax.com), antara lain :
  • Kesederhanaan
    Kangkung bentuknya yang apa adanya. Mudah dijumpai dan dibudidayakan. Begitu sederhananya kangkung sehingga harganya pun tergolong relatif lebih murah dibanding sayuran jenis lain.
  • Universal
    Kangkung dapat ditemukan dimana saja, baik di pasar tradisional maupun supermarket/ swalayan. Dikonsumsi oleh siapa saja, baik kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas. Dari anak-anak hingga orang dewasa.

  • Rasa Cinta
    Menurut pelaku usaha kangkung, budidaya kangkung gampang-gampang susah. Secara umum memang mudah, tetapi jika ingin hasil optimal maka perlu perawatan yang intensif. Setiap prosesnya perlu dilakukan dengan ketulusan tidak tergesa-gesa karena keuntungan semata.
  • Cukup
    Kita mengetahui bahwa kangkung termasuk salah satu jenis makanan berserat. Jadi mengkonsumsinya tidak boleh berlebihan.
  • Bermanfaat
    Seperti yang dikemukakan pada pembahasan sebelumnya, kangkung yang begitu sederhana. Bahkan yang katanya sumber mitos mengantuk, ternyata memiliki segudang khasiat dan manfaat.
  • Visioner
    Mengapa sama-sama kangkung, tetapi harga kangkung di pasar tradisional dan pasar swalayan berbeda?

Filosofi Kangkung

Kangkung sarat makna, hingga menjadi inspirasi peribahasa dalam terminologi Jawa sebagai “pasemon” atau kiasan untuk memudahkan pemahaman akan suatu makna yang sangat dalam, rumit dicerna dan sulit dibayangkan dengan imajinasi akal-budi. Berdasarkan The Science & Miracle of Zona Ikhlas (Erbe Sentanu), berikut salah satu saloka (kalimat kiasan) tentang kangkung yang digunakan dalam wacana falsafah Kejawen :
  • Lurua galihe kangkung (Carilah batang kangkung)
  • Nulisa tanpa papan ing papan tanpa tulisan (Menulislah tanpa papan tulis di atas papan tanpa tulisan)
  • Mibera kaya tapak kuntul melayang (Bergeraklah seperti bayang-bayang bangau terbang)
  • Mengko sira bakal ketemu ning nang nung (Nanti kau akan mendapatkan kebeningan, ketenangan, dan keberhasilan)

Petuah di atas mengandung makna yang merupakan kunci suskes sebagai berikut :

Kita selayaknya memperhatikan dan mempelajari batang Kangkung yang berongga, kosong dan tidak berisi. Batang yang kosong ini merepresentasikan hati yang kosong. Hati yang kosong adalah hati yang selalu ikhlas.

Setelah kita mengikhlaskan hati, maka tetapkanlah tujuan, cita-cita, atau pecapaian yang ingin diraih dalam hati, yang tidak lain adalah niat. Niat harus berlandaskan pada hati yang ikhlas.

Berusaha mewujudkan cita-cita atau tujuan yang telah diniatkan dengan kekuatan seperlunya tanpa harus dipaksakan sehingga mengakibatkan stress. Berusahalah dan serahkan hasilnya kepada Yang Maha Memberi, tidak perlu stress atau bahkan saling sikut untuk menjatuhkan orang lain.

Jangan lupa selalu meminta doa restu orang tua, terutama adalah ibu. Nang ning nung merupakan suatu doa seorang ibu agar anaknya menjadi orang yang berpikiran dan berhati jernih (ning/bening), dapat hidup dengan tenang (nang/tenang) dan meraih keberhasilan (nung/dunung).

Analisa dan Tren Usaha Budidaya Kangkung


Pada pembahasan sebelumnya kita belajar dari kangkung, salah satunya adalah visioner. Mengapa sama-sama kangkung, tetapi harga kangkung di pasar tradisional dan pasar swalayan berbeda? Jika dijabarkan, maka beragam alasannya.

Seperti diketahui, kangkung merupakan jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat luas terutama masyarakat di pedesaan. Selain harganya yang sangat murah, terjangkau untuk semua kalangan dan mudah untuk di dapat. Karena harganya murah, banyak petani kini enggan menanam sayur kangkung. Mereka lebih memilih komoditas lain yang dianggap memiliki nilai jual ekonomis lebih tinggi.

Padahal, menurut petani kangkung budidaya sayur ini lebih mudah. Hasil budidaya juga menguntungkan karena biaya produksi yang murah dan masa panen yang singkat yaitu sekitar 25 - 30 hari. Waktu panen yang cepat pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor perawatan dan pemeliharaan yang tepat.

Menurut beberapa referensi, mengapa sama-sama kangkung tetapi beda tempat harga berbeda. Ternyata perbedaan tersebuh selain karena perbedaan cara budidaya juga dari segi pemasaran. Saya menjadi semakin penasaran, sehingga saya melakukan penelurusan melalui internet. Saya mendapatkan hasil bahwa :

  • Kangkung yang harganya murah adalah kangkung yang dibudidaya secara konvensional non organik, menggunakan pupuk kimia agar masa panen lebih cepat. Sasaran jual untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah. Pemasaran kangkung ini biasanya dilakukan dengan dijual di tempat atau pasar tradisional, hingga ke tangan pedagang sayur keliling.
  • Kangkung yang harganya mahal adalah kangkung yang dibudidaya secara konvensional tetapi organik, menggunakan pupuk organik dengan masa panen normal. Sasaran jual untuk kalangan menengah ke atas. Pemasaran kangkung ini biasanya dilakukan selain dijual di tempat dengan dibubuhi label organik, dijual di pasar swalayan (supermarket).

Tahukah anda, dari tadi kita menyebut budidaya kangkung secara konvensional. Lantas, adakah cara budidaya kangkung yang tidak konvensional? Kembali, saya melakukan studi pustaka, hingga menemukan cara budidaya kangkung yang tidak konvensional.

Cara ini sebenarnya sudah tidak asing di telinga kita, hanya saja jarang dilakukan untuk skala besar, mempertimbangkan biaya investasi yang relatif tidak murah. Cara ini dikenal unik karena termasuk budidaya tanaman tanpa tanah. Budidaya tanaman tanpa tanah ini kerap disebut dengan istilah hidroponik. Dahulu, sistem budidaya secara hidroponik hanya untuk kepentingan hobi. Namun, saat ini menjadi tren bisnis yang menggiurkan.

Berdasarkan penelusuran online, ternyata dalam dunia pertanian terutama dalam dunia budidaya kangkung ada satu nama yang sangat booming, mendadak menjadi viral dan perbincangan hangat di media sosial. Sebut saja Chalie Tjendapati yang mampu meraup penghasilan Rp 97,2 juta perbulan hanya dari kangkung.

Kangkung yang dibudidaya secara hidroponik lebih berkualitas, menguntungkan dan memiliki nilai jual tinggi.

Budidaya kangkung dengan teknik hidroponik menghasilkan produk kangkung berkualitas dan berproduksi tinggi karena asupan nutrisi dan kebutuhan air terjamin.

Chalie Tjendapati  penghasilan Rp 97,2 juta perbulan dari kangkung hidroponik
Charlie Tjendapati, sumber gambar : abyspacetion.blogspot.com
Menurut hasil hitung-hitungan Charlie, budidaya kangkung hidroponik memang menguntungkan. Jika terdapat 86.400 lubang tanam, 1 kg kangkung ada 64 tanaman dalam 16 lubang tanam (setiap lubang tanam ada 4-5 tanaman). Berarti jumlah panen sekitar 86.400 : 16 = 5.400 kg. Jika panen kangkung pada umur 20 hari, maka setiap 10 hari akan panen sekitar 2.700 kg atau 8.100 kg perbulan. Asumsi harga kangkung Rp 12.000 per kg dengan hasil panen 8.100 kg perbulan, maka pendapatan yang diperoleh sekitar 8.100 kg x Rp. 12.000 = Rp 97.200.000 perbulan.

Hasil panen kangkung menjadi tinggi nilai jualnya jika dijual di supermarket atau pun restoran-restoran di kota besar.

Kangkung, Inspirasi Masa Depan?


Dahulu, waktu saya di Papua, yang saya tahu satu-satunya sayur yang saya suka yaitu kangkung. Meski banyak yang mengatakan mitosnya kangkung menyebabkan kantuk. Namun, saya tetap suka, karena kandungan gizi dan aneka khasiat dan manfaat dari kangkung. Selain itu, banyak hikmah pula yang dapat dipetik dari cerita-cerita tentang kangkung.

Saya juga masih ingat, menanam kangkung di sana sangat mudah, tinggal sebar bibit dengan jarak tanam tertentu. Saya tidak mengolah tanah karena di daerah saya saat itu tanahnya subur dan gembur.

Sekarang, saya baru paham ternyata budidaya kangkung gampang-gampang susah. Proses tanam hingga panen, menurut petani kangkung relatif mudah. Namun, untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dan waktu panen yang singkat perlu keuletan dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan.

Sistem budidaya kangkung kini lebih modern dengan sistem hidroponik. Sistem ini diklaim sebagai sistem yang mampu menghasilkan produk kangkung yang berkualitas. Tidak kotor karena nyaris tanpa tanah.

Di masa depan, kebutuhan kangkung yang bebas dari bahan kimia berbahaya menjadi utama. Tentu kangkung organik untuk kesehatan tubuh akan menjadi pilihan. Tidak terlepas dari tujuan bisnis, bisa dikolaborasikan antara budidaya kangkung organik secara modern. Itulah yang menjadi inspirasi saya, budidaya sayur organik secara modern.

Sistem budidaya ini menggabungkan sistem tanpa tanah (hidroponik) dengan kehidupan akuakultur (makhluk air).

Jika ada kesempatan, sistem ini akan saya bahas di tulisan berikutnya.
(Saat ini, masih dalam tahap melakukan penelitian kecil-kecilan tingkat hobi)


Sumber referensi studi pustaka :
agroteknologi.web.id, diakses pada 07 Agustus 2016
bisnisisgiving.blogspot.co.id, diakses pada 07 Agustus 2016
halosehat.com, diakses pada 07 Agustus 2016
trubus-online.co.id, diakses pada 07 Agustus 2016

Karena yakin sama percaya itu beda

Diam Itu Emas, Bicara yang Baik Itu Permata
EmoticonEmoticon